Ternyata Marmer Terbaik Indonesia Ada di Dalam Masjid Suciati


Banyak cara umat manusia mengungkapkan rasa cintanya pada sesuatu. Kalau di India, Kaisar Shah Jahan rela membangun Taj Mahal yang berupa makam megah sebagai tanda kasih pada istrinya yaitu Mumtaz Mahal. Sedangkan di Indonesia ada Suciati Saliman yang membangun masjid megah karena rasa cintanya pada Masjid Nabawi di Arab Saudi.
 
Siang itu saya dan keluarga mampir ke Masjid Suciati untuk menunaikan ibadah sholat Duhur. Ketika baru menjejakkan kakinya ke lantai, saya merasa kagum akan kemegahan masjid yang memiliki 4 lantai ini.

Ternyata tidaklah mudah bagi Suciati yang seorang janda untuk membangun masjid sebesar itu di Sleman, Yogyakarta. Butuh puluhan tahun mengembangkan usahanya agar bisa membangun masjid. Semua itu bisa terlaksana berkat doa dan kerja kerasnya selama ini.

Bila diukur luas tanahnya, Masjid Suciati tidaklah begitu luas karena posisinya berada di pojokan jalan yang kecil. Namun bila dilihat secara arsitektur, masjid tersebut sangat megah sekali. Dari kejauhan bisa terlihat lima menara yang tinggi dengan kubahnya yang khas.

Berdasarkan rasa kagum pada tanah suci ketika umroh, Suciati menyisipkan desain seperti di Masjid Nabawi dan juga menggabungkan unsur kebudayaan Jawa pada bangunannya. Jika diperhatikan, selera ibu Suciati ini sangat tinggi, hal itu terlihat dari pemilihan material yang tepat berupa batu marmer untuk dinding dan lantainya.


Penggunaan batu marmer ini mengingatkan saya kembali pada Taj Mahal. Terlihat jelas sekali, jika menggunakan marmer memberi kesan mewah dan elegan. Itulah salah satu alasan kenapa Taj Mahal jadi destinasi utama saat ke India dan juga dijadikan sebagai salah satu keajaiban dunia. Marmer yang digunakan pun bukan sembarangan, tapi marmer putih berkualitas tinggi. Begitu juga dengan Masjid Suciati. Saya pun penasaran mencari tahu tentang asal usul marmer yang ada di Masjid Suciati tersebut.



Taj Mahal India. Source : Wikipedia


Ruang Serba Guna Masjid Suciati

Setelah ditelusuri, ternyata Masjid Suciati mendapatkan marmernya dari PT. Fajar Gelora Inti atau biasa disebut Fagetti. Di dunia arsitektur, Fagetti memang sudah dikenal sebagai supplier marmer dengan jenis dan motif unik yang terlengkap di Indonesia. Kiprah mereka tak perlu diragukan lagi karena telah mengikuti berbagai pameran di dalam maupun luar negeri, serta menjadi supplier marmer di berbagai bangunan mewah Indonesia.

Jadi wajar saja berbagai hotel bintang 5, apartemen, rumah, gedung perkantoran, tempat ibadah, dan juga pusat perbelanjaan di Indonesia sebagian besar menggunakan material marmer dari Fagetti.

Tiap sudutnya tak luput dengan marmer.
Berbagai batuan alam tersedia di sini dengan stok melimpah. Source fagetti.com

Tak hanya marmer, berbagai macam batu alam bisa kita dapatkan di sini seperti granit, travertine, limestone (gamping), basalt, onyx, dan sebagainya. Dari berbagai varian pilihan itu juga kita masih bisa memilih berbagai macam jenis motifnya, dan itu pastinya disesuaikan dengan konsep bangunannya.


Dengan teknologi yang sangat canggih, Fagetti memproduksi batu alam pilihan berkualitas premium. Setiap karya yang dibuat melalui proses yang panjang dan melalui sentuhan nan artistik.

Tempat wudhu full marmer
Setelah sholat Duhur, tak lupa kami eksplorasi masjid tersebut dan tak henti-hentinya kagum atas material bangunan tersebut. Bagaimana tidak, pada tiap lantai dindingnya juga dilapisi batu marmer dan tiang penyangganya pun demikian. Bagi saya yang seorang fotografer, hal ini jadi sesuatu yang unik dan menyenangkan karena bisa membuat foto refleksi dengan baik.

Di negara Indonesia yang beriklim tropis, penggunaan material marmer sangat cocok sekali, karena dapat memberikan efek sejuk bagi yang berada di dalamnya. Selain itu berbagai motif pilihan yang artistik akan membuat bingung untuk memilihnya, karena Fagetti memiliki lebih dari 900 jenis batu alam dan stoknya selalu tersedia. Kalau saya berprofesi sebagai arsitek atau developernya sih bakal merekomendasikan Fagetti untuk keperluan batu alam dan gak perlu diragukan lagi.


Setelah berkeliling masjid, Saga anakku yang masih berusia 8 bulan enggan untuk diajak pulang. Dia malah betah untuk main di lantai ruangan khusus anak-anak. Beberapa kali dia melihat ke bawah dan tersenyum seolah-olah sedang bercermin. Maklum, lantai marmer kan refleksinya sangat bagus sekali, apalagi kalau terkena cahaya.
Siang itu setelah ibadah dan eksplorasi masjid, istri saya nyeletuk,

“Kapan dong lantai sama dinding di rumah pake marmer kayak gitu ?

“Nanti deh, kapan-kapan aku desainin makam pake material marmer spesial buat kamu” jawabku.

“Hehh…dasarr yaaa….!”




Ini dia instagramnya



Fagetti Building Gallery

Jl. Mangga Dua Raya - Harco Mangga Dua,
Blok F No. 2-4, Jakarta 10730
021 - 6121132
info@fagetti.com



#Fagetti #MarmerFagetti #FagettiWorld #MarmerTerbaik

No comments:

Post a Comment