Tips Menyaksikan Fenomena Letusan Gunung Berapi

Photo : @eyes_of_a_nomad

Bagi sebagian orang, erupsi Gunung Berapi merupakan sebuah bencana. Tapi di sisi lain kejadian ini dapat menjadi daya tarik pariwisata bagi turis asing yang belum pernah melihat gunung meletus. Hal itu boleh saja dilakukan, asalkan tidak mengganggu proses evakuasi dan merugikan orang lain.

Untuk dapat menyaksikan fenomena alam tersebut, ada hal-hal yang perlu diperhatikan mengenai kenyamanan dan keselamatan bersama.

1. Sebelum melihat gunung meletus, bawalah peta, kompas, dan teropong untuk memudahkan melihat gunung tersebut. Pastikan sudah melihat dengan jelas gunung yang sedang meletus, bukan gunung yang lain, meskipun di beberapa tempat terhalang dengan gunung yang lain.

2. Carilah angle yang tepat, karena posisi menentukan kenyamanan dan keindahan dalam melihat gunung meletus.

3. Lihatlah dari tempat yang aman, yang jauh dari jangkauan letusan. Tapi janganlah mencoba untuk menjangkau gunungnya, karena akan sangat berbahaya bagi diri sendiri dan masa depanmu.

4. Pakailah masker untuk menyaring debu akibat letusan. Jika tidak mampu membeli masker bisa pakai Bra mantan pacarmu yang sudah tidak terpakai. Dengan demikian, kamu turut menyelamatkan lingkungan dengan mendaur ulang barang2 bekas.

5. Meskipun sudah memakai masker, jangan lupa bernapas dengan teratur seperti biasanya. Karena jika sampai lupa bernapas dan terlalu fokus melihat gunung meletus, bisa menyebabkan kematian.

Demikian tips yang bisa saya berikan, semoga bermanfaat bagi semuanya.


Salam Olahraga !


Credit photo :
@eyes_of_a_nomad @hellotinamay