10 Destinasi Wisata Jakarta Yang Bisa Dikunjungi Dengan Modal 50 Ribu

Jakarta adalah kota metropolitan yang terkenal tinggi biaya hidupnya. Meskipun begitu, masih banyak destinasi wisata yang bisa kita kunjungi dengan hanya bermodalkan Rp 50.000. Berikut ini adalah 10 destinasi wisata yang murah-meriah tapi layak untuk dikunjungi.

 
1. Monumen Nasional (Monas)
    Tiket : Rp 20.000

Tak lengkap rasanya jika ke Jakarta tapi belum pernah mengunjungi Monas yang merupakan ikon kota Jakarta dan juga monumen kebanggan negara Indonesia. Di Monas, kita bisa belajar tentang sejarah kemerdekaan Indonesia dan juga melihat pemandangan Kota Jakarta dari puncaknya. Untuk menuju ke Monas banyak sekali aksesnya, karena letaknya tepat di pusat Jakarta. Salah satunya adalah menggunakan bis Transjakarta. Untuk masuk ke pelatarannya tidak dikenakan biaya. Namun jika ingin masuk ke dalam dan naik sampai puncaknya dikenakan tiket sebesar Rp 20.000.




2. Masjid Istiqlal
    Tiket : Gratis


Sebagai warga Indonesia, kita harus bangga mempunyai masjid terbesar se-Asia Tenggara, yaitu Istiqlal. Letaknya yang tidak jauh dari Monas dan berdekatan dengan Gereja Katedral, membuat masjid ini mudah didatangi. Nama Istiqlal sendiri berasal dari Bahasa Arab yang berarti “merdeka”, karena masjid ini dibangun sebagai ungkapan rasa syukur karena terbebas dari penjajahan. Oh iya, bagi wisatawan non-muslim pun dapat mengunjungi masjid ini untuk mengenal tentang Islam, namun harus dengan pemandu.




Foto : Wikipedia

3. Kota Tua
    Tiket : Gratis


Di Kawasan Kota Tua, kita bisa mengenal sisa-sisa bangunan peninggalan jaman kolonialisme. Suasana dan tiap sudutnya menampilkan sisi romantisme pada masa lampau. Hal ini dipercantik pula dengan ditatanya kawasan sungainya agar seperti di Eropa. Bagi yang hobi fotografi, kawasan ini cocok sekali untuk pemotretan dengan tema vintage dan juga hunting street photography.
 



 
 


4. Museum Fatahillah (Sejarah Jakarta)
    Tiket : Rp 5.000


Berada di Kawasan Kota Tua, membuat bangunan Museum ini menjadi ikonik dan kerap jadi pemandangan wajib para wisatawan saat berfoto di kawasan ini. Di dalam museum ini terdapat bermacam koleksi bersejarah dari beberapa kerajaan Indonesia dan juga koleksi tentang kebudayaan Betawi.




Museum Fatahillah.  Foto : Jet


5. Museum Seni Rupa dan Keramik
    Tiket : Rp 5.000


Museum ini masih berlokasi di Kawasan Kota Tua dan menyimpan koleksi keramik peninggalan beberapa kerajaan di Indonesia. Tidak hanya menyanjikan koleksi, museum ini juga membuka praktek pembuatan kendi dari tanah liat seperti di salah satu adegan film Ghost.





 

6. Taman Prasasti
    Tiket : Rp 5.000


Kuburan adalah tempat menyeramkan bagi kebanyakan orang. Namun di Taman Prasasti ini kita bisa berwisata kuburan sambil belajar mengingat sejarah. Sebenarnya, yang kita temui di Taman Prasasti ini tidak lagi kuburan yang sebenarnya, namun hanya berupa prasasti atau batu nisannya saja. Di sini kita bisa melihat peti yang digunakan untuk mengangkut jenazah Bung Karno dan juga Bung Hatta, dan juga batu nisan Soe Hok Gie yang fenomenal itu.




Baca juga : Cara Mengingat Sejarah Melalui Wisata Kuburan


 

7. Danau Sunter
    Tiket : Gratis


Dahulu Menteri Susi pernah membuat tantangan Wagub SandiagSetelah dirombak total, kini wajah Danau Sunter telah bersih dan jadi destinasi andalan warga Sunter. Ada banyak hal menarik yang bisa kita lakukan di sini seperti memancing, bermain sepeda air, dan juga menikmati makanan di pinggir danau yang telah bersih ini.
 




8. Taman Mini Indonesia Indah (TMII)
    Tiket : Rp 10.000


Jika ingin keliling Indonesia dengan budget murah, TMII adalah jawabannya. Karena di sini menyajikan rumah adat dari semua Provinsi di Indonesia beserta pernak-perniknya. Tiap sudutnya pun fotogenik, seolah-olah kita sedang berada di provinsi lain.



 
9. Kebun Binatang Ragunan
    Tiket : Rp 4.000


Memang terkesan tidak masuk akal, tapi tiket masuk Ragunan sebesar Rp 4.000 memang benar adanya. Tiket masuk yang sangat murah-meriah membuat orang-orang banyak yang mengunjunginya. Di sini kita bisa melihat  berbagai macam koleksi satwa langka ataupun sekedar bersepeda santai sambil mengelilingi kawasan bersama keluarga.



 

10. Bus Wisata Keliling Jakarta
      Tiket : Gratis


Pada masa tahun 90-an, Jakarta memiliki bis tingkat yang biasa digunakan untuk angkutan umum. Namun setelah era reformasi bis itu ditiadakan. Namun saat ini, pemerintah DKI Jakarta menyediakan kembali Bis Tingkat tapi hanya untuk wisata keliling Jakarta. Dengan memliki desain 2 lantai yang futuristik, membuat bis ini menjadi daya tarik tersendiri bagi para wisatawan. Selama perjalanan, pemandu di bis akan menjelaskan bangunan bersejarah di Jakarta yang dilewati. Untuk menaiki Bis Wisata Keliling Jakarta tidak dikenakan biaya sepeserpun alias gratis dan kita pun bisa memilih rute tour-nya.




Nah itulah 10 destinasi wisata Jakarta yang bisa dikunjungi dengan modal Rp 50.000. Jadi kita bisa tetap berwisata murah tapi berkualitas ala backpacker.




*tiket belum termasuk parkir.