Begini Mudahnya Beli Mobil Lewat Ponsel


Teriakan kondektur bis semakin keras tatkala kursi penumpang banyak yang kosong saat di terminal Kampung Rambutan. Pun begitu jika semua kursi sudah terisi, kondektur masih saja menaikkan penumpang hingga bisnya miring. Belum lagi sang supir yang seenaknya menaik-turunkan penumpang di jalan Tol. Sangat berbahaya sekali, namun ini sudah menjadi hal yang biasa saya alami tiap akhir pekan demi mengunjungi rumah orang tua bersama istri tercinta.

Sambil memangku tasnya, istri saya menahan lengan kirinya yang agak nyeri. Sedih rasanya jika istri sampai terhimpit sesaknya di kursi penumpang. Tapi inilah resiko yang harus dihadapi jika naik kendaraan umum. Waktu yang bisa ditempuh hanya 2 jam ke Cilegon, kini bisa sampai 4 jam jika naik bis umum, karena harus ngetem terlebih dahulu.

Saat ini saya tinggal di Jakarta, sementara orang tua berada di Cilegon, dan mertua berada di Jogja. Untuk mengunjunginya, kadang agak ribet jika membawa barang banyak di kendaraan umum, karena harus berganti angkutan 3 kali. Ya begitulah orang tua, saat pulang pasti kami dibekali oleh-oleh yang banyak, dan tidak mungkin untuk menolaknya. Maka dari itu, akan lebih efisien jika kita pergi menggunakan kendaraan sendiri, karena akan lebih hemat untuk jangka panjangnya, apalagi saat sudah punya anak nanti.


Membeli Kendaraan Tepat Guna


Tak pernah terpikir sebelumnya bagi saya untuk membeli kendaraan bermotor terutama mobil untuk saat ini, terlebih lagi saya ingin mengalokasikan gaji saya untuk keperluan lain. Namun semua itu berubah ketika saya mendatangi pameran Gaikindo Indonesia International Auto Show (GIIAS) 20018 di ICE BSD beberapa pekan lalu. Setelah menikah, kebutuhan hidup jadi berubah dan bertambah banyak. Selain kebutuhan pokok, saya sudah mulai berpikir untuk menginvestasikan ke dalam bentuk kendaraan.

Bagi saya, untuk membeli kendaraan secara tunai memang agak kewalahan. Maka dari itu kita bisa menyiasatinya dengan cara kredit. Berdasarkan rekomendasi teman-teman, untuk membantu hal itu, kita bisa melalui ACC (Astra Credit Companies), yang merupakan lembaga jasa keuangan dan tergabung dalam lingkup ASTRA FINANCIAL, dan melayani pembiayaan mobil segala merk.

Saat mendatangi GIIAS 2018, mata saya langsung tertuju pada booth ASTRA FINANCIAL yang didominasi warna putih dan sedikit aksen biru. Penasaran saya dibuatnya, sehingga cari tahu lebih dalam. Ketika memasuki booth-nya, saya disambut dengan ramah oleh wanita yang cantik dan siap memberikan informasi berbagai layanan Astra Financial, serta penawaran menarik.

Ada beberapa pertimbangan yang harus diperhatikan sebelum memutuskan kredit mobil seperti berikut :

1. Explorasi Target.
Sebelum membeli mobil, alangkah baiknya mengeksplorasi terlebih dahulu, mencari informasi berbagai merk mobil, tipe, dan harga di berbagai showroom, melalui berbagai sumber, termasuk testimonial dari beberapa rekan, sehingga tahu mana kendaraan yang akan menjadi target.

2. Tinggalkan Gengsi Demi Kebutuhan, Bukan Keinginan.
Sesuaikan penghasilan bulananmu dengan harga mobil yang akan di beli, karena jika tidak sesuai, akan mengalami kesulitan saat angsuran perbulannya. Maka, tidak perlu gengsi membeli mobil murah, yang penting lancar pembayarannya dan bisa terpenuhi kebutuhan sehari-hari lainnya.

3. Lakukan Simulasi Kredit.
ACC sendiri memiliki aplikasi di smartphone yaitu ACCYes untuk simulasi mengajukan kredit kendaraan. Di sini kita bisa mengetahui harga kendaraan, menghitung besaran biaya untuk kreditnya, melihat status angsuran, dan pembayaran online


Caranya mudah, langsung download melalu PlayStore. Setelah itu Register / Daftarkan diri melaluli aplikasnya. Tahap selajutnya, yaitu pilih Simulasi Kredit & Persetujuan Instan, lalu klik tanda (+) pada kanan atas, dan pilihlah jenis simulasinya dengan mengisi form secara lengkap agar nanti bisa keluar hasil angsurannya dan bisa langsung mendapatkan persetujuan kredit. Jadi ini sangat memudahkan kita, dan bisa dilakukan di mana saja.
 
Nah, setelah yakin akan pilihan kita dan sudah tersedia uang untuk down payment, maka kita harus mengajukan kredit dengan melengkapi persyaratan seperti berikut :



Pembayarannya pun juga memiliki banyak pilihan, dan bisa dilakukan berbagai bank. Namun bagi nasabah Bank Permata seperti saya, akan ada kemudahan lainnya, seperti autodebet tiap bulannya. Selain itu juga jika lupa membawa kartu ATM, kita tidak perlu khawatir, karena kita tetap bisa menarik uang di mesin ATM menggunakan aplikasi PermataMobile X. Caranya mudah, yaitu dengan memilih menu Mobile Cash, pilih nominal dan masukkan nomor ponsel. Setelah itu kita dapat response code yang bisa dimasukkan ke mesin ATM untuk mengambil uang.


Mudah sekali bukan ? Itu karena Bank Permata merupakan salah satu bagian dari Astra Financial. Tidak hanya itu, Astra Financial mengadakan Flagship Program, yaitu bunga mulai dari 0,88% dan Grand Prize 1 Toyota Yaris dan 1 Daihatsu Terios, 8 unit motor Honda PCX, 8 unit sepeda MTB, dan 8 Samsung S9 bagi pelanggan yang mengajukan pembiayaan.


Perlindungan Kendaraan

Bekerja di kota besar seperti Jakarta ini, kurang lengkap rasanya jika tidak mengasuransikan mobilnya . Apalagi jika senang traveling ke berbagai kota, karena banyak sekali resiko di luar sana. Maka dari itu, untuk mengantisipasnya kita bisa menggunakan jasa asuransi kendaraan seperti Garda Oto.

Dengan menggunakan asuransi, kendaraan bisa terlindungi mulai dari tabrakan, terperosok, pencurian, hingga kebakaran. Jadi kita tidak lagi terbebani secara finansial atas kendaraan yang mengalami hal semacam itu.

Wahh, jadi tidak perlu ragu lagi untuk memiliki mobil pribadi, karena semuanya lengkap dan prosesnya pun mudah, tidak memberatkan kita. Hal ini sejalan dengan visi Astra Financial untuk menjadi mitra keuangan bagi kesejahteraan masyarakat Indonesia dan pembangunan yang lebih inklusif.


#AstraFinancial #MulaiDenganAstraFinancial