Jurus Jitu Mengembangkan Warung Tradisional Bersama Kudo


Menjamurnya minimarket modern di Indonesia ini membuat warung-warung tradisional kian tenggelam, seolah tak dianggap lagi karena kurang bisa bersaing. Padahal, soal harga di warung tradisional jauh lebih murah, dan yang paling disukai kebanyakan orang adalah, bebas biaya parkir, karena tak ada tukang parkirnya. Saya dan istri sepakat demikian, untuk kebutuhan sehari-hari, saat ini kami utamakan belanja di warung tradisional terdekat. Selain untuk turut memberikan rejeki ke warung tersebut agar bisa berkembang, juga untuk ajang silaturahmi dengan pemilik warungnya. Karena di warung inilah biasanya suasana guyub rukun antar tetangga saling terjalin.

Meskipun keberadaannya semakin menurun, masih banyak yang menjadikan warung tradisional ini sebagai tumpuan hidupnya sehari-hari. Melalui warung inilah mereka mendapatkan penghasilan utamanya, tak hanya di kampung, tapi juga yang letaknya di perkotaan. Seperti warung yang terletak hanya 10 meter dari kantor saya inilah contohnya.

Sore itu tak biasanya ada Standing Banner warna biru muda terpampang jelas di depan warung tersebut. Di warung inilah saya biasa beli “jajanan” untuk mengisi perut saat lupa bawa bekal dari rumah. Warung yang terletak di Jl. Adyaksa Raya, Jakarta Selatan ini sangat kecil, namun cukup memenuhi kebutuhan saya saat itu. Satu hal yang membuat perhatian saja tertuju pada banner-nya adalah tertulis nama “KUDO”, nama yang sepintas mirip tokoh Shinichi Kudo dalam komik Jepang. Awalnya saya pikir ini jasa untuk membungkus kado atau apa, ternyata bukan.

Apa itu KUDO ?
Setelah saya cari tahu, ternyata Kudo adalah singkatan dari Kios Dagang Untuk Online, jadi ini sebuah platform Warung Digital Serba Bisa yang diakses melalui aplikasi smartphone. Oh iya, kita harus bangga, sebab Kudo merupakan buatan anak bangsa Indonesia. Dari sinilah akhirnya terjawab bagaimana peran teknologi dalam #MajuinWarung tradisional di negara kita.

Pak Gunardi sang pemilik warung membagi pengalamannya, dia baru beberapa bulan menjadi agen menggunakan aplikasi Kudo dan sangat terbantu sekali. Kini dia cukup menggunakan aplikasinya untuk memesan stok barang-barang kebutuhan warungnya. Barangnya pun bisa langsung dikirimkan dengan gratis ongkir pula. Soal ketersediaan dan kualitas barang, dia tidak perlu khawatir lagi, karena Kudo bekerjasama dengan produsen dan perusahaan terkenal untuk stok barangnya, sehingga biaya dalam usaha grosir sembako jadi lebih murah dan keuntungan lebih besar.

Tak hanya untuk kebutuhan warung, ternyata kita juga bisa transfer uang, bisnis pulsa, bayar tagihan telepon, tiket kereta, dan bahkan daftar Grab sebagai pengemudinya. Berbagai kemudahan itulah yang membuat banner Kudo terpampang di warung-warung yang sering saya temui dan menjadi suatu hal yang wajar. Para pemilik warung mempercayakannya melalui aplikasi tersebut untuk meningkatkan pendapatan dan jaringan agennya. Pantas saja banyak sekali driver Grab yang sering nongkrong ngopi di warung Pak Gunardi maupun di warung sebelahnya karena sama-sama menggunakan Kudo untuk usahanya.

Selain itu, kita sebagai pelanggan umum pun turut mendapatkan kemudahannya karena adanya PPOB alias Payment Point Online Bank. PPOB sendiri adalah suatu sistem pembayaran online layaknya perbankan. Jadi di aplikasi ini kita bisa melakukan berbagai jenis pembayaran seperti BPJS, PLN, PDAM, tagihan listrik, multi finance, telepon rumah, kartu kredit, dan juga asuransi dalam satu aplikasi. Gak perlu keluar rumah, gak perlu antri, jadi menghemat transportasi dong, tinggal duduk ayem di rumah sambil transaksi, yang penting ada kuota internetnya dan listrik untuk nge-charge ponsel.

Lalu bagaimana caranya bergabung dengan KUDO ?
1. Download aplikasi Kudo.
2. Lakukan pendaftaran melalui aplikasi.
3. Tambah saldo untuk transaksi.
4. Verifikasi akun.

Udah bisa jualan dan melakukan berbagai transaksi deh. Untuk info lebih lanjutnya bisa cek di Panduan Agen Kudo. 


Lantas manfaat yang bisa kita dapatkan apa aja ?
  • Mendapatkan jutaan produk online dengan harga grosir untuk tokomu.
  • Mendapatkan komisi menarik di setiap transaksi. 
  • Mendapatkan layanan tagihan terlengkap.
  • Mendapatkan akses modal usaha dengan mudah.
  • Jadi agen perekrutan Mitra Pengemudi Grab.
Jika menggunakan Kudo, kita turut #MerdekainWarung karena mendukung peningkatan kesejahteraan pemilik warung tradisional agar bisa bersaing dengan supermarket modern. Bayangkan saja, Pak Gunardi yang dahulunya hanya berjualan barang kelontong di warungnya, kini bisa juga merambah ke bisnis yang lain, serta mendapatkan komisi dari setiap transaksinya. 


Dengan begitu ia bisa punya tabungan lebih, selain untuk perputaran modal usahanya, ia bisa menyekolahkan kedua anaknya yang masih kecil.

Kita juga bisa lho menjadi #PejuangWarung dengan mengajak pemilik warung lain untuk bergabung bersama Kudo. Dari situ, otomatis mereka akan lebih melek teknologi agar warungnya bisa lebih berkembang dan bertahan dari serbuan toko modern. Tak hanya itu, kita bisa mendapatkan bonus puluhan ribu rupiah setiap kita mendaftarkan warung di Kudo.

Ayo tunggu apalagi, mari bergabung dengan Warung Digital Serba Bisa...KUDO !
Merdekain Warung Tradisional Pakai Kudo, Aplikasi Digital Buat #MajuinWarung

No comments:

Post a Comment