Syahdunya Romantisme Ala Venezia Cipanas





Tak salah memang Venezia atau Venice di Italia diklaim menjadi salah satu tempat romantis di muka bumi. Banyak sekali pasangan dari berbagai belahan dunia yang berbulan madu atau sekadar foto prewedding di kota yang terkenal dengan kanal airnya itu. Untuk mencapai ke sana tidaklah mudah, karena harus melalui perjalanan yang panjang dan biaya yang tidak sedikit. Namun semua itu bisa disiasati bagi yang memiliki dana terbatas seperti saya ini, yaitu ke Little Venice di kawasan Kota Bunga, Cipanas, Cianjur, Jawa Barat.



Kota Bunga sebenarnya adalah kompleks Villa mewah yang disewakan, namun di dalamnya terdapat tempat wisata yang dibuka untuk umum, seperti kolam renang, kolam pancing, arena fantasi, tempat bermain anak, dan juga Little Venice. Untuk menuju ke sana, dari Jakarta arahkan ke kawasan Puncak, Cipanas yang ditempuh sekitar 2 jam. Setelah jembatan Ciloto terdapat pertigaan yang ada tulisan Taman Bunga Nusantara lalu belok kiri. Tidak jauh dari situ akan menemukan pintu gerbang Kota Bunga di sebelah kiri. Perlu dicatat, bahwa Kota Bunga itu berbeda dengan Taman Bunga Nusantara, jadi jangan sampai salah.


 Saat masuk kawasan Kota Bunga kita akan melewati villa mewah dengan berbagai macam tema arsitektur, seperti Jepang, China, Belanda, dan berbagai negara lainnya yang fotogenik dan membuat kita ingin foto-foto di situ. Tidak jauh dari situ kita akan sampai di gerbang Little Venice. Tiket masuknya pun cukup murah, hanya Rp 25.000 untuk hari biasa, dan Rp 40.000 saat hari libur. 



Apa saja yang bisa kita lakukan di sana ?


Di Little Venice terdapat berbagai wahana air seperti gondola/perahu, Kapal Mississipi, bebek-bebekan, sepeda air, banana boat, dan perahu naga. Namun yang paling ikonik adalah gondola ala Venice. Untuk menaiki wahana ini harus membayar lagi Rp 20.000 per orang, uniknya di sini semua wahana transaksinya menggunakan kartu khusus semacam e-money. Oh iya, satu gondola minimal diisi oleh 2 orang. Pastikan kamu membawa pasangan yahh supaya terlihat romantis, soalnya kalau sesama jenis kan kesannya gimana gitu :D


Gondola ini mengarungi hanya 1 lap kawasan, sekitar 15 menit. Nantinya kita akan melewati bangunan seolah-olah kanal seperti di Venice aslinya. Cobalah eksplorasi beberapa angle untuk mendapatkan foto terbaik, bisa dari pinggir ataupun dari atas. Memang diperlukan kecermatan, karena jika ramai pengunjung akan “bocor” dan bisa mengurangi estetika. Maka dari itu bisa juga pakai jasa saya untuk memotretnya, nanti akan saya arahkan supaya mendapatkan momen terbaik :D


Setelah merasakan gondola ala Venice, cobalah bermain di arena ketangkasan, atau bisa juga mengeksplor lokasi lain untuk berfoto, karena di sini ada beberapa spot ikonik seperti Merlion, Torii alias gapura tradisional Jepang, dan bangunan ala Eropa lainnya. Jadi bawalah busana yang bagus untuk memperkuat foto di lokasi.

Well, beginilah salah satu cara saya untuk menikmati romantisme ala Venezia dengan budget murah. Mudah-mudahan suatu saat saya bisa menaiki gondola di Venezia aslinya di Italia bersama istri tercinta. Aamiin.