Menepiskan Ketidakmungkinan Melalui Olahraga

Masih teringat jelas 2011 silam, saat seorang tunadaksa berkaki satu  meluncur dengan tali dari atas tribun menuju bawah sambil membawa obor di Stadion Manahan Solo. Yapp, pria itu adalah Sabar Gorky, pria tunadaksa yang menjadi salah satu atraksi pembuka Asean Paragames 2011.
Apa yang dilakukan Sabar Gorky membuktikan bahwa atlet-atlet Indonesia mempunyai semangat yang tinggi dalam menjunjung sportivitas pesta olahraga meskipun dalam keterbatasan fisik.
Selain itu berbagai prestasi yang ditorehkan Sabar Gorky dalam menggapai puncak-puncak gunung dunia hanya dengan satu kaki memberi pesan kepada dunia, bahwa kaum disabilitas mampu juga berprestasi dan sejajar dengan orang-orang pada umumnya. Tidak hanya itu, keberhasilannya menjuarai kompetisi panjat tebing Asia di Korea Selatan tahun 2009 sanggup membungkam banyak orang yang selama ini meragukan dirinya.



Berbekal semangat yang kuat, Sabar Gorky sanggup melakukan hal-hal yang sulit dilakukan oleh orang berkaki satu. Hal itu tidaklah mengherankan, karena Sabar butuh waktu yang cukup lama untuk bangkit lagi dan beradaptasi pasca kecelakaan kereta yang merenggut salah satu kakinya tahun 1996. Terus berlatih, bersabar, selalu optimis, dan memaksimalkan kesempatan yang ada adalah kuncinya meraih kesuksesan.

Hal-hal yang dilakukan Sabar Gorky itu seharusnya dapat memecut semangat para atlet lainnya dalam berkompetisi dan meraih prestasi di kancah internasional serta mengharumkan nama bangsa ini.
Tahun 2018 nanti, Indonesia akan menjadi tuan rumah perhelatan pesta olahraga se-Asia, yaitu Asian Games dan juga Asian Para Games di Jakarta dan Palembang. Berbagai negara akan saling bersaing demi meraih prestasi terbaiknya. 

Kita sebagai rakyat Indonesia tentunya memiliki harapan yang besar agar para atlet bisa menyumbangkan medali sebanyak-banyaknya dan meraih juara umum. Itu bukanlah hal yang tidak mungkin, mengingat kita sebagai tuan rumahnya sendiri pasti bisa lebih menguasai keadaan dan bisa bermain lebih lepas tanpa beban. Doa dan dukungan secara langsung di venue pasti akan selalu menggema di seantero nusantara. 

Tidak hanya itu, kita juga bisa menyumbangkan energi positif kita melalui hal yang lain, seperti postingan di sosial media misalnya. Meski terkesan sepele, hal itu cukup memberi pengaruh para atlet dalam hal mentalitas. Maka dari itu sebaiknya postinglah hal-hal positif yang dapat membangkitkan energi dan mental para atlet.

Janganlah memposting isu-isu yang dapat memecah belah persatuan seperti yang ada pada belakangan ini. Ingat ! Kita ini adalah satu, INDONESIA. Perjuangan para pahlawan di medan perang dahulu akan dilanjutkan oleh para atlet pejuang kita melalui olahraga. Mereka berjuang tanpa memandang latar belakang suku, ras, dan agama. Mereka berjuang mati-matian demi negara tanah air kita tercinta.
Mari kita berikan energi positif kepada para atlet agar bisa membuktikan bahwa kita pantas jadi juara di rumah sendiri !


#DukungBersama
#BelaIndonesia

#EnergiAsia
#RoadToAsianGames2018

Tidak ada komentar:

Posting Komentar