Mall di Korea Selatan Ini Bisa Transaksi Pakai Uang Rupiah lho

 
 
Tidak selamanya uang rupiah Indonesia tidak berlaku di Internasional. Buktinya di salah satu pusat perbelanjaan di kawasan Dongdaemun, Seoul, Korea Selatan bisa melakukan transaksi menggunakan uang rupiah.

Saat malam yang dingin itu saya arahkan tujuan ke Good Morning City Mall. Berdasarkan rekomendasi dari teman-teman, jika ingin membeli souvenir khas Korea sebaiknya ke Chungsil-Hongsil Souvenir Shop yang terletak di lantai 2. 


Kupon yang terdapat peta lokasi toko tersebut
Ada banyak keuntungan bila berbelanja souvenir di sini. Saat masuk ke dalamnya kita akan diberi kupon yang nantinya bisa ditukarkan dengan bonus saat melakukan transaksi di kasir. Bonusnya tersebut bisa bermacam-macam, seperti makanan, kosmetik, dan juga souvenir lainnya. Secara fisik, jika dilihat sekilas tidak ada yang berbeda dengan toko souvenir lainnya, namun jika dilihat dengan seksama, ternyata di sini juga menjual boneka atau pajangan karakter khas Indonesia yang mengenakan pakaian adat Bali. Meskipun begitu, pemilik tokonya berani menjamin bahwa souvenir khas Korea di sini semua buatan asli Korea, bukan dari China atau negara lainnya.



Untuk soal harga di sini tergolong murah, kaos bertuliskan "Korea" atau bergambar obyek-obyek wisata Korea dibandrol mulai 10.000 Won atau sekitar Rp 120.000, dengan kurs saat itu 1 Won = 12 rupiah. Tidak hanya itu, ada juga berbagai souvenir berupa boneka, gantungan kunci, magnet lemari es, miniatur rumah tradisional Korea, hingga makanan ringan dengan olahan ginseng Korea.

Keuntungan lainnya yang bisa didapatkan di sini yaitu pemiliknya yang asli Korea ternyata bisa berbahasa Indonesia, begitupun beberapa pegawainya yang merupakan orang Indonesia, jadi bisa dengan leluasa menanyakan berbagai hal tentang barang dagangannya. 


Ada hal unik lainnya yang saya temui di sini, yaitu kita bisa bertransaksi dengan berbagai macam cara, yaitu dengan kartu kredit ataupun tunai menggunakan mata uang Won, Dollar, dan juga Rupiah. Jadi tidak sia-sia saya masih menyimpan beberapa lembar uang rupiah di dompet, tanpa ragu saya pun membayarkannya ke kasir dan diterima dengan senang hati.

Usut punya usut, ternyata toko tersebut merupakan rekomendasi resmi dari Kedutaan Besar Indonesia, jadi wajar saja bila mendapatkan banyak kemudahan di sini. Perlu juga diketahui, pembeli di sini bukan hanya warga Indonesia biasa, tapi juga selebritas tanah air dan pejabat-pejabat negara selalu mampir ke sini untuk membeli oleh-oleh. Hal itu dibuktikan dengan dipajangnya foto-foto dokumentasi dan testimonial saat berbelanja di sana.




Di Korea, kunjungan turis Indonesia memberikan dampak yang cukup besar bagi pariwisata di sana. Saat datang ke lokasi, kita banyak mendapatkan sambutan dari para pedagang lokal di beberapa tempat wisata seperti Seoraksan National Park, pusat perbelanjaan Dongdaemun, dan juga Myeongdong. Mereka akan menyambut dengan ucapan "Selamat Datang", dan juga menawarkan dagangannya menggunakan bahasa Indonesia seperti "Silahkan, di sini murah", "Beli 3 Gratis 1", dengan logat Korea yang kental tentunya. Apa yang dilakukan di Korea itu merupakan sebuah apresiasi kepada turis Indonesia yang telah menggerakkan perekonomian negara mereka melalui pariwisata. 


Selamat datang, selamat berbelanja.
Turis Indonesia sebagai tamu pun dimudahkan dalam bertransaksi. Penggunaan mata uang rupiah sebagai alat tukar resmi di negara lain menjadi suatu kebanggaan tersendiri bagi kami sebagai warna negara Indonesia. Hal itu membuktikan bahwa rupiah memiliki peran yang cukup penting karena diakui di sana, dan itu membuat kita semakin mencintai rupiah.


#CintaRupiah